SILABUS
Mata
pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Satuan
Pendidikan : SMA Home Schooling Logos
Kelas/Semester : X/1
Tahun
Pelajaran : 2010-2011
Standar
Kompetensi : Mewujudkan nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar pribadi
dan kehidupan social dengan menunjukkan bahwa remaja Kristen bertumbuh sebagai
sebagai pribadi yang dewasa dan tidak kehilangan identitas.
Aspek : Allah Tritunggal dan Karya-karya-Nya dan
Nilai-nilai Kristiani
Kompetensi Dasar
|
Indicator
|
Nilai-nilai Karakter Bangsa
|
Materi Pokok
|
Pengalaman Belajar
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber, Bahan dan Alat
|
||
Jenis Instrumen
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
Mengalami
proses pertumbuhan sebagai pribadi yang dewasa dan memiliki karakter yang
kokoh dengan pola pikir yang komprehensif dalam segala aspek
|
Menjelaskan
proses remaja bertumbuh menjadi dewasa dengan perubahan dalam segala aspek
|
·
Religious
·
Jujur
·
Disiplin
·
Kerja keras
·
Bersahabat/ komunikatif
|
Proses dan
Pribadi yang Dewasa
|
Ø Menyebutkan
pengertian proses pertumbuhan dewasa.
Ø Menyebutkan
pengertian pribadi yang dewasa.
Ø Menjelaskan
beberpa perubahan yang harus dialami oleh seorang remaja.
Ø Mendiskusikan
contoh-contoh perubahan yang dialami remaja secara fisik.
Ø Mendiskusikan
contoh-contoh perubahan yang dialami remaja dalam aspek social.
Ø Mendiskusikan
contoh-contoh perubahan yang dialami remaja dalam aspek intelektual.
Ø Mendiskusikan
contoh-contoh perubahan yang dialami remaja dalam aspek emosional
|
Tugas kelompok
|
Observasi
|
Mengamati
perubahan-perubahan yang terjadi dalam diri remaja
|
2 x 40
|
·
Alkitab
·
Buku PAK kelas X Penerbit Cipta Sarana Mandiri
·
Buku PAK kelas X Penerbit Mitra
·
Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 1 Penerbit Bina
Medan Informasi
·
Suluh Siswa 1 Bertumbuh Dalam Kristus kelas 10
Penerbit BPK Gunung Mulia.
·
Teladan Kehidupan 1 PAK SMA kelas X penerbit ANDI
|
Mengidentifikasi
cirri-ciri kepribadian remaja
|
Cirri-ciri
Umum, Minat dan Faktor Pertentangan Remaja
|
Ø Menginstropeksi
diri tentang cirri-ciri umum kepribadian yang ada pada dirinya baik dari
aspek fisik, social, emosi, intelektual, dan moral-spritual.
Ø Menyebutkan
minat rekreasi remaja yang sering nampak.
Ø Menyebutkan
minta social remaja yang seringa nampak pada remaja.
Ø Menjelaskan
keadaan hubungan remaja dengan anggota-anggota keluarga lainnya.
Ø Menyebutkan
sebab-sebab umum pertentangan remaha dengan anggota keluarga lainnya.
Ø Menjelaskan
konsekuensi yang diterima remaja dalam usaha memperbaiki kepribadian
|
Tugas Individu
|
Sikap
|
Terlampir 1
|
4 x 40
|
|||
Pertanyaan Lisan
di kelas
|
Soal Uraian
Bebas
|
1.
Sebutkan minat yanga da pada dirimu!
2.
Seberapa seringkah engkau bertengkar dengan
saudaramu?
3.
Apa alasanmu menentang keputusan orang tuamu atau
anggota keluarga lainnya
|
|||||||
Identitas Kaum
Muda
|
Ø Menjelaskan
tujuan remaha mencari identitas.
Ø Menjelaskan
alasan identitas merupakan tahap sentral selama masa muda.
Ø Menginstropeksi
keberadaan diri di kelas kategori/kelompok identitas.
Ø Menjelaskan
mekanisme pertahanan yang ditempuh remaja dalam mengurangi kecemasan bagi
yang belum menemukan identitas.
|
Pertanyaan
Lisan di kelas
|
Uraian Bebas
|
1.
Siapakah Kamu?
2.
Bagaimana caramu mengenal dirimu lebih jauh?
|
2 x 40
|
||||
Mengidentifikasi
perubahan remaja dalam mencapai kedewasaan dalam segala aspek
|
Kedwasaan
Fisik dan Kedewasaan Emosi
|
Ø Menjelaskan
makna kedewasaan fisik.
Ø Menjelaskan
keberadaan diri yang harus diterima dan disyukuri.
Ø Menyebutkan
pengertian emosi.
Ø Menjelaskan
ungkapan emosi remaja yang sebenarnya.
Ø Menjelaskan
cara mengembangkan emosi.
Ø Menemukan cara
mengendalikan emosi marah
|
Tugas Kelompok
|
Penugasan
|
Diskusikanlah
bentuk-bentuk emosi!
|
2 x 40
|
|||
Kedewasaan
Pola Pikir, Kedewasaan Sosial: “menjalin Relasi Dengan Sesama
|
Ø Menjelaskan
makna kedewasaan pola pikir.
Ø Mengidentifikasi
4 pola pikir yang perlu dikembangkan.
Ø Menemukan ciri
karakteristik orang dengan konsep diri positif.
Ø Menemukan
cirri karakteristik orang dengan konsep diri negative.
Ø Menjelaskan
faktor-faktor menjalin relasi dengan sesame.
Ø Menjelaskan
macam-macam relasi
|
Pertanyaan
Lisan di kelas
|
Uraian Bebas
|
Apakah perbedaan
pola pikir positif dengan negative
|
2 x 40
|
||||
Kedewasaan
Iman: “takut Akan Tuhan”
|
Ø Menjelaskan
arti kata “takut”
Ø Menjelaskan
jenis takut menurut Ensklopedi Alkitab Masa Kini.
Ø Menjelaskan
alasan takut akan Tuhan.
Ø Menentukan
tanggapan dan sikap yang takut akan Tuhan.
|
Tugas Individu
|
Sikap
|
Terlampir 2
|
2 x 40
|
||||
Kedewasaan
Iman: “Himat dan Iman”
|
Ø Menjelaskan
pengertian iman.
Ø Menjelaskan
pengertian Hkmat.
Ø Menjelaskan
hubungan hikmat dan iman.
Ø Menjelaskan 4
tipe manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Ø Mendiskusikan
tantangan yang sering dihadapi remaja.
Ø Menentukan
sikap untuk memakai sennjata dalam menghadapi tantangan.
|
Tugas Kelompok
|
Penugasan
|
Diskusikanlah
sikap yang baik dalam menghadapi cobaan
|
2 x 40
|
||||
Kedewasaan
Iman: “Teladan Dalam Kebenaran dan Tanggung Jawab” dan kedewasaan Karakter:
“Remaja yang Kristiani”
|
Ø Menjelaskan
makna kebenaran menurut Alkitab.
Ø Menjelaskan
makna bahwa hukum Taurat tidak membenarkan.
Ø Menjelaskan
bahwa manusia dibenarkan karena iman.
Ø Menjelaskan
tujuan sikap keteladanan hidup.
Ø Mendiskusikan
tanggung jawab orang Kristen sebagai orang beriman.
Ø Menyebutkan
faktor-faktor yang berpean dalam pembentukan karakter.
Ø Mengidentifikasi
tindakan remaja Kristen yang sesuai dengan nilai-nlai kristiani.
Ø Menyimpulkan
uraian remaja yang kristiani.
|
Pertanyaan
Lisan di kelas
|
Uraian Bebas
|
Uraikanlah
tanggung jawab orang Kristen sebagai orang beriman!
|
2 x 40
|
||||
Ulangan Harian
|
Soal Uraian
Terbatas
|
1.
Sebutkanlah pengertian pribadi yang dewasa!
2.
Sebutkanlah kedewasaan yang bagaimanakah harus dicapai
oleh remaja!
3.
Ada 4 pola pikir, sebutkanlah!
4.
Jelaskanlah alasa kita kita takut akan Tuhan!
5.
Ada 4 tipe manusia dalam kehidupan sehari-hari,
sebutkanlah!
|
|||||||
Mengidentifikasi
berbagai pergumulan dalam keluarga kaitannya dengan penagruh modernisasi
|
Mengidentifikasi
pengaruh modernisasi terhadap keluarga
|
·
Religious
·
Disiplin
·
Demokratis
·
Rasa ingin tahu
·
Bersahabat/ komunikatif
·
Tanggung jawab
|
Probelamtika
yang Dihadapi oleh Keluarga
|
Ø Menyebutkan
problematika yang dihadapi keluarga.
Ø Menjelaskan
pengaruh kemajuan komunikasi terhadap keluarga.
Ø Menjelaskan
pengaruh banyaknya wanita karier dalam keluarga.
Ø Mnejlaskan
pengaruh motto: Bekerja Tanpa Henti” terhadap keluarga.
Ø Menjelaskan
pengaruh gaya hidup modern terhadap keluarga.
Ø Menjelaskan
faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kekerasan dalam keluarga.
|
Tugas Individu
|
Observasi
|
Tuliskanlah
problema yang dihadapi oleh keluarga kita!
|
4 x 40
|
|
Tugas Kelompok
|
Penugasan
|
Carilah akibat
orang tua sibuk terlalu sibuk di dalam keluarga
|
|||||||
Menyikapi Gaya
Hidup Modern Demi Keharmonisan Keluarga
|
Ø Menjelaskan
sentralisasi keluarga dalam pemenuhan kebutuhan anak.
Ø Menjelaskan
sikap yang perlu diungkapkan dalam keluarga dalam menjaga keharmonisan
keluarga
|
Tugas Individu
|
Portofolio
|
Mengumpulkan
semua tugas diskusi siswa baik individu atau kelompok!
|
2 x 40
|
, 2010
Mengetahui,
Ketua
PKBM LOGOS
Debora
Banu.M,Th
Tidak ada komentar:
Posting Komentar